Rabu, 27 April 2016

Cerdas Membedakan Jenis Sepatu Wanita

Perkembangan sepatu wanita sebagai produk yang bukan hanya didasarkan pada fungsi, tetapi juga faktor desain yang terus mengikuti perkembangan mode yang dinamis - menyulitkan untuk mengklasifikasikan sepasang sepatu dalam satu jenis tertentu.
Kadang  para wanita sendiri merasa kesulitan membedakan antara stiletto dengan cone high hels atau pump shoes. Sengaja istilah untuk sepatu wanita ini dipertahankan dalam bahasa aslinya. Bukannya tidak menghargai bahasa nasional, tetapi akan mengalami kesulitan untuk mencari terjemahannya secara tepat. Selain itu juga akan menyulitkan untuk mengkomunikasikannya dengan kalangan yang terkait dengan bisnis sepatu wanita yang sudah terbiasa dengan istilah-istilah yang sudah ada.
 
Bagi wanita yang gemar dan suka mengkoleksi sepatu, akan lebih afdol kalau mengetahui dan memahami jenis-jenis sepatu sampai pada setiap bagian dari sepatu yang sudah dikoleksinya. Bahkan mungkin setelah mengetahui tentang jenis-jenis sepatu, akan menemukan bahwa ternyata masih ada beberapa jenis yang belum dimiliki. Sedangkan bagi wanita yang lebih mengutamakan fungsi dan penampilan di berbagai kesempatan, akan menambah pengetahuan dan wawasan.
  
Pada prinsipnya sepatu wanita hanya terdiri dari dua jenis.
1. Flat Shoes adalah sepatu yang memiliki hak datar
2. Sepatu High Heels.
 
Sepatu berhak tinggi sebenarnya sudah lebih dulu dipopulerkan oleh kaum pria, para cowboy menggunakan sepatu boots yang rata-rata menggunakan hak tinggi. High Heels juga menjadi populer ketika The Beatles, group band dari Inggris selalu memakai sepatu boots berhak tinggi dalam setiap show mereka. Sehingga pada puncak ketenarannya di era tahun 1960-an, banyak sepatu high heels pria yang dipajang di etalase toko sepatu di London.
 
Dari tahun ke tahun sepatu wanita berhak tinggi atau High Heels ini berkembang menurut segmen ukuran dan bentuk hak masing-masing, dari sinilah kemudian muncul istilah-istilah yang berbeda, yang kemudian sering diartikan sebagai jenis sepatu wanita. Dengan pengertian bahwa High Heels adalah sepatu yang tidak menggunakan alas yang datar dan sejajar dengan telapak kaki, maka setiap sepatu wanita yang menggunakan hak pada tumit lebih tinggi dibandingkan dengan ujung kaki di masukkan dalam jenis High Heels.
 

Flat Shoes dan High Heels

Agar lebih mudah untuk memahami jenis sepatu wanita, Anda dapat mencermati gambar sepatu berikut ini dengan lebih memfokuskan pada hak atau alas  masing-masing sepatu.
 
Flat Shoes sebenarnya adalah jenis sepatu yang paling aman dan sehat serta sesuai dengan fungsinya sebagai pelindung telapak kaki, meskipun diproduksi dengan berbagai jenis bahan dan didesain dengan beraneka ragam.

 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Contoh Model Jenis Flat Shoes

 
High Heels lebih mengutamakan penampilan dan kecantikan. Semakin ekstrim ukuran tinggi hak untuk sepatu ini, maka akan semakin ekslusif pula efek bagi penggunanya. Tetapi high heels yang ekstrim itu tak bisa digunakan oleh setiap wanita dan dalam banyak kesempatan, kebanyakan digunakan oleh para artis saat beraksi diatas pentas. Karena itu high heels memiliki bermacam ukuran ketinggian sebagai “kompromi” bagi penggunanya.
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Contoh Model Jenis Sepatu High Heels
 
 
Keanekaragaman desain dari kreativitas para perancang sepatu wanita berhak tinggi atau High Heels ini menghasilkan beraneka ragam model yang selalu menarik bagi para wanita. Model hak atau heels tersebut bisa diaplikasikan untuk sepatu wanita high heels, mid heels dan low heels. Ada model heel yang dominan pada ketinggian hak tertentu. Ada pula model yang banyak digunakan untuk low heels, mid heels dan high heels.
 
Pada perkembangannya, berdasarkan pada bentuk hak yang digunakan sepatu wanita high heels ini akhirnya terkoreksi dan  terkelompok kemudian memiliki istilah sendiri, seperti berikut :

Cone 

Hak pada bawah tumit berbentuk setengah bulat, dari seat heels semakin mengecil ke bagian tengah sampai pada bagian bawah. Sehingga luas top heels atau bagian titik kontak dengan lantai berukuran hampir sama dengan Stiletto, tetapi umumnya lebih lebar. Karena memiliki rancangan yang bervariasi maka menghadirkan beberapa submodel, diantaranya round heels, horn heels, banana heels dan lain-lain. Cone yang digunakan untuk low heels sering disebut kitten heels, model ini juga banyak diaplikasikan untuk mid heels, untuk hak tinggi yang didesain dengan heel berukuran kecil umumnya juga disebut sebagai Stiletto.
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
 

Stiletto

Memiliki hak tinggi, minimal 2 inci dengan heel berdiameter tidak lebih dari 0,4 inci yang dimulai dari seat heels atau bawah tumit sampai pada titik kontak dengan lantai. Stiletto boleh dibilang sebagai high heels dengan resiko paling tinggi, karena memiliki stabilitas paling rendah. Stiletto paling banyak digunakan untuk high heels, sehingga high heels identik dengan Stiletto.
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Stilleto
 

Spool

Hak berbentuk bulat dimulai dari seat heels atau persis di bawah tumit dan menyempit pada bagian tengah kemudian kembali melebar pada bagian titik kontak dengan lantai. Dinamakan spool karena mengadopsi bentuk spool, tempat untuk menggulung benang jahit. Spool heels memiliki beberapa variasi dan umumnya diaplikasikan untuk hak sedang. Hak atau heel model Spool lebih aman dan nyaman digunakan, semua wanita bisa akrab dengan hak ini.
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Spool
 

Curved

Berbentuk setengah lingkaran seluas tumit kemudian mengecil di bagian tengah, kemudian melebar pada top heels atau bagian bawah yang menyentuh lantai. Model Curved paling banyak diaplikasikan untuk hak sedang dan hak rendah. Hak model Curved juga dikenal sebagai Louis Heels, Pompadour Heels atau French Heels
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Curved
 

Chunky

Memiliki bentuk tumit yang tebal mulai dari seat heels hingga top heels, sebagian dimodifikasi dengan bentuk lebih kecil pada bagian bawah. Ciri khas tumit Chunky yang besar tersebut merupakan bentuk yang bertolakbelakang dengan Stiletto.
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Chunky
 

Wedges dan Prism

Wedges memiliki bentuk hak penuh ke bawah sesuai bentuk telapak kaki. Wedges termasuk high heels yang disukai wanita, sekalipun banyak pemerhati mode yang berpendapat bahwa keseksian wanita akan cenderung berkurang bila menggunakan wedges.
 
Prism juga memiliki bentuk hak penuh sesuai bentuk telapak kaki tetapi sisi belakang dan samping semakin mengecil pada titik kontak dengan lantai. Prism atau prisma pada prinsipnya tidak berbeda dengan wedges, hanya hak pada bagian bawah tumit semakin sempit. Prism lebih beresiko dibandingkan dengan wedges, tetapi lebih stylish.
 
Wedges dan Prism, meskipun sebenarnya tidak termasuk dalam batasan sebagai hak atau heel karena tidak merupakan tumit yang berdiri sendiri, melainkan menjadi satu dengan seluruh sole sehingga merupakan platform dengan bentuk yang khas. Sebagian kalangan menganggap Wedges dan Prism merupakan model yang berbeda, tetapi kebanyakan orang menganggap Prism juga sebagai Wedges. Wedges dan Prism paling banyak diaplikasi untuk low heels dan mid heels.
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Wedges and Prism
 

Platform

Platform bukan termasuk hak atau heel, karena pada dasarnya platform adalah alas kaki (bisa dalam bentuk sandal atau sepatu) yang memiliki dasar atau landasan (kemudian disebut dengan istilah Sole atau Sol) berukuran tinggi atau tebal. Platform bisa digunakan untuk sandal atau sepatu jenis hak datar atau hak tinggi. Efeknya, pengguna sandal atau sepatu platform akan menjadi lebih tinggi sesuai ukuran platform yang digunakan.
 
 
Jenis dan Model Sepatu Wanita
Model Sepatu High Heels Platform
 
Jika Anda kesulitan untuk memilih sepatu meskipun hanya terdiri dari dua jenis, tentu bisa dimaklumi, karena desain dan warna untuk sepatu wanita bisa mencapai ribuan model. Apalagi jika harus mempertimbangkan pakaian yang akan dikenakan, karena sepatu adalah bagian  yang tidak dapat dipisahkan dari pakaian yang mendukung penampilan Anda secara total.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar